Sabtu, 14 Desember 2019, tiga mahasiswa poltekom berhasil meraih juara harapan tiga dalam kompetisi Perancangan Web Pelayanan Masyarakat IT Competition 2019 “Make a Better Social Service and Government” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Politeknik Negeri Malang. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa se-Jawa Bali.

                Dalam lomba kali ini, Zulfikar, Septian, dan Alya mengusung tema Web Pelayanan Masyarakat di bidang kesehatan dan sosial I SOUL YOU yang bertujuan untuk memberi akses kesehatan yang memadai bagi penyandang keterbelakangan mental. “Seperti yang kita tahu, pelayanan kesehatan bagi orang penyandang keterbelakangan mental atau ODGJ di Indonesia masih belum memadai. Pemasungan bahkan penelantaran masih marak terjadi bahkan di kota besar” tutur Zulfikar selaku ketua tim.

                Setelah tim mereka lolos seleksi dan pemberkasan, akhirnya pun mereka dapat mengikuti babak final yaitu babak wawancara yang dilaksanakan pada 14 Desember 2020. Di babak final ini diikuti oleh 5 peserta lain yang berasal dari berbagai universitas. “Sesi final ini sangat menegangkan. Selain karena baru pengalaman pertama kali mengikuti lomba, peserta lain yang terhitung senior lebih luwes memberikan penjelasan” jelas Septian.

                Konsep yang mereka ambil untuk website ini adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan khususnya kesehatan jiwa, seperti informasi tempat pelayanan terdekat, pelaporan pasung dan penelantaran, dan informasi informasi seputar kesehatan jiwa.

Leave a Comment