AMTI atau Adaptasi Mahasiswa Teknik Informatika merupakan kegiatan pengenalan Program Studi Teknik Informatika kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan saat awal semester ganjil dan wajib diikuti oleh mahasiswa baru Program Studi Teknik Informatika. Kegiatan ini diselenggarakan oleh HIMAFO (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) selaku ormawa yang bertanggung jawab.

Sesuai dengan namanya, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru Teknik Informatika mampu beradaptasi dengan jurusan Teknik Informatika. Dengan adanya AMTI ini diharapkan mahasiswa baru bisa lebih siap untuk mengikuti perkuliahan.

 AMTI dilaksanakan selama satu bulan setiap hari Sabtu.Tidak hanya belajar tentang hal-hal akademik, tapi juga kegiatan non akademik.

Hari ke-4 AMTI 2018

Beberapa kegiatan akademik diantaranya pembuatan design logo. Pembuatan design logo ini untuk mengenalkan mahasiswa baru tentang multimedia, terutama design. Hasil dari pembuatan logo ini akan dipilih yang terbaik dan akan mendapatkan hadiah. Selain itu juga ada belajar dasar-dasar pemrograman. Belajar dasar-dasar pemrograman ini diharapkan mahasiswa baru lebih bisa mempersiapkan diri untuk menerima pembelajaran kuliah. Ada juga belajar pembuatan proposal manajemen proyek. Mahasiswa baru tidak hanya belajar hardskill tapi juga softskill dengan melatih kemampuan public speaking.

Adapun kegiatan nonakademik diantaranya games. Games diadakan pada akhir kegiatan AMTI pada tiap pertemuannya. Games diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Informatika. Dalam games tersebut mahasiswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang berisi dari berbagai angkatan baru maupun angkatan lama. Games ini bertujuan untuk mempererat kekompakan dari semua angkatan mahasiswa Teknik Informatika.

Puncak acara AMTI pada hari terakhir adalah MAKRAB (Malam Keakraban). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa, dosen, dan alumni Teknik Informatika POLTEKOM. Pada kegiatan MAKRAB diawali dengan sambutan-sambutan oleh dosen hingga ketua pelaksana. Kegiatan dilanjutkan dengan persembahan PENSI dari Mahasiswa Baru Teknik Informatika. Kegiatan inti diisi dengan pengenalan dan sharing pengalaman bersama kakak alumni.

Sesuai dengan slogan Teknik Informatika yaitu “Come As Friend Stay As Family” diharapkan mahasiswa Teknik Informatika dapat menjalin kekeluargaan yang erat.

Malam Keakraban AMTI 2018

Leave a Comment